Home » , , , » KUAKHIRI CLEPTOPHOBIA DENGAN SPEEDY MONITORING

KUAKHIRI CLEPTOPHOBIA DENGAN SPEEDY MONITORING

Written By Budi Siswanto on Sabtu, 22 Desember 2012 | Sabtu, Desember 22, 2012

Peristiwa pencurian di rumahku di akhir tahun 2011 begitu sangat membekas di memoriku. Kejadian pencurian di rumahku waktu itu terjadi kira-kira pukul 23.00 - 24.00 WIB tengah malam ketika kami sekeluarga tertidur lelap dengan kondisi sehabis bepergian jauh, kami sangat kelelahan dan tertidur sangat lelap sekali. Di saat yang sama pula, pencuri dengan mudah masuk ke rumah kami melewati jendela kaca tanpa teralis dan dengan sangat leluasa menggasak harta kami  dan membawaya kabur. Kami mengetahuinya ketika menjelang pagi, seperti biasanya setiap pagi sehabis sholat subuh aku mengambil HPku untuk kuperiksa apakah ada pesan masuk dari saudara, teman maupun dari relasi bisnis. Ketika kucari HPku di tempat biasanya tidak kutemukan dan aku melihat kondisi ruangan dan beberapa kamar yang sedikit awut-awutan, perasaanku mulai tidak enak, dan ternyata benar beberapa barang berhargaku lenyap dan yang paling kusesalkan dan membuatku marah besar sampai setengah syok adalah beberapa HP dan laptop yang kusayangi hilang semua dimana didalamnya banyak sekali dokumen dan kontak para relasi bisnisku dan butuh waktu yang tidak sedikit untuk bisa mengembalikan semua itu. Hal tersebut sangat membuatku syok berat dan trauma terhadap pencurian (Cleptophobia). Kami tidak melaporkan kejadian pencurian ini ke pihak yang berwenang, karena hal tersebut tidak akan mengembalikan harta kami yang telah dicuri, karena beberapa kasus dari teman dan tetangga juga tidak bisa mengembalikan harta mereka meski telah melaporkannya. Yah semuanya harus kami ikhlaskan dari apa yang terjadi dan kami intropeksi ke dalam kami sendiri, mungkin didalam harta kami masih ada hak orang lain yang belum kami berikan, mungkin kami kurang beramal/bersedekah dan kami percaya bahwa jika memang harta tersebut masih milik kami, insyalloh akan dikembalikan olehNya dalam bentuk yang lain dan kami harus bisa menyikapi kejadian tersebut dengan sikap terbaik kami serta bijak dalam mengambil hikmahnya agar kedepannya bisa berbuat lebih baik lagi.
Image and video hosting by TinyPic
Three Survaillence Cameras


Meskipun kami sudah ikhlas, tetapi trauma tersebut masih sangat membekas dan supaya kejadian pencurian itu tidak terulang lagi, kami mulai melakukan perbaikan sistem keamanan di rumah, dimana hal-hal yang bersifat critical dan memudahkan pencuri masuk kerumah, sedikit demi sedikit kami persulit seperti contohnya dengan memasang teralis di semua jendela dan pintu kaca kami, memodifikasi pagar rumah menjadi lebih sulit untuk dinaiki/dimasuki, mengganti kunci mulai kunci pagar, pintu maupun jendela dengan yang lebih kuat serta memasang alarm penjebak pecuri di depan rumah sehingga jika ada orang masuk ke rumah kami, alarm tersebut akan berbunyi. Semua upaya pencegahan telah kami lakukan karena kami mengalami cleptophobia yang hebat sehingga sangat termotivasi untuk melakukan tindakan pencegahan dengan sangat serius. Tetapi ada beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan, "Sudah cukupkah usaha pencegahan yang telah kulakukan ?" Jika masih terjadi pencurian lagi, usaha apalagi yang harus kulakukan ? Apakah aku harus menyewa orang untuk menjaga rumahku selama 24 jam penuh ? Seribet itukah, pusing aku memikirkannya. Cleptophobia benar-benar membuatku kehilangan pikiran jernihku dan membabi buta dalam melakukan hal pencegahan. Pada satu kesempatan ketika aku melakukan transaksi di suatu bank di kotaku, tergelitik aku bertanya kepada pegawai bank,"Bagaimana bank tersebut bisa menjaga aset-asetnya yang berharga selama 24 jam penuh, apakah cukup dengan security/satpam saja ? Pegawai Bank tersebut tersenyum dan menjawab, "Bapak lihat di beberapa sudut atas ruangan ini, itulah yang menjaga keamanan kami selama 24 jam penuh." Kulihat di pojokan atas ruangan ada beberapa kamera dan mungkin itu yang dinamakan dengan CCTV (Closed Circiut Television). Barulah setelah itu aku tergugah untuk menggunakan perangkat tersebut di rumahku. Setelah pulang ke rumah, aku langsung browsing di internet untuk mengetahui lebih jauh tentang CCTV, apa itu CCTV ? Apa manfaat dan kegunaan CCTV ? Berapa harga dan biaya pemasangan CCTV ? Bagaimana cara pemasangan CCTV ? 
Dari hasil browsing aku mendapatkan big picture about CCTV :
CCTV (Closed Circiut Television) adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk menangkap suatu gambar atau merekam suatu aktifitas dengan sirkuit tertutup dan semua elemennya terhubung tidak seperti televisi pada umumnya yang menangkap signal dari gelombang udara. CCTV merupakan suatu kesatuan sistem yang terdiri dari kamera dan DVR. 
  • Kamera CCTV berfungsi sebagai alat pengambil gambar, dan mempunyai beberapa tipe kamera berdasarkan kualitas, penggunaan dan fungsinya, ada 2 hal yang paling utama adalah camera CCTV analog dan Camera CCTV Network dimana kamera analog menggunakan satu solid kable untuk setiap kamera yang berarti, setiap kamera akan harus terhubung ke DVR atau system secara langsung sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Camera, bisa menggunakan jaringan Online Monitoring yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.
Image and video hosting by TinyPic
  • DVR (Digital Video Recorder) adalah system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera CCTV, dan didalam sistem ini banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk pelengkap keamanan, salah satunya adalah merekam semua kejadian dan hasil rekaman ini yang biasa digunakan di dalam peradilan untuk membuktikan suatu kejadian dalam sebuah sistem kamera, jumlah dan kualitas rekaman akan ditentukan oleh DVR ini.

Image and video hosting by TinyPic
Dari penjelasan diatas, saya lebih tertarik kepada Camera CCT Network atau CCTV Online dengan IP Camera dimana mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan Camera CCTV Analog, antara lain kalau analog kita tidak dapat mengakses hasil rekaman dari manapun karena tidak terhubung dengan jaringan Internet dan hanya terpaku pada lokal area saja. Dan dari 2 perangkat utama diatas sebenarnya masih ada beberapa perangkat pelengkap untuk intalasi CCTV online, seperti modem dan kabel, dan untuk instalasi pemasangannya kita sendiri bisa melakukannya ataupun minta jasa pemasangan CCTV jika tidak mau beresiko terhadap kerusakan maupun kesalahan pemasangan. 
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Berikut beberapa manfaat, kegunaan dan cara perawatan CCTV Online :

BEBERAPA FUNGSI DARI CCTV ONLINE :
  • Kita dapat merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi pada area / lokasi yang kita inginkan meskipun dari jarak jauh dan juga kita bisa melakukan monitoring rumah atau tempat-tempat yang kita inginkan dengan menggunakan PC, Laptop, PDA atau bahkan dari HP secara real time dan dari mana saja.
  • Kita juga dapat menyimpan hasil monitoring secara otomatis kedalam hard copy baik hasil rekaman selama 24 jam full time atau hasil rekaman motion detect yang merekam hanya jika ada gerakan yang terjadi pada area yangkita pantau.
  • Dapat berfungsi sebagai alarm, yang bisa membunyikan suara sirene pada computer kita atau mendial no telp / HP kita secara otomatis pada saat ada kejadian yang tidak dikehendaki. Jadi tidak hanya sekedar sebagai alat pantau untuk mengawasi saja, CCTV online sekaligus berfungsi ganda dalam  memproteksi dan melindungi asset serta tempat kita dari ancaman kejahatan.
  • Dengan mengkombinasi fungsi – fungsi motion detect, alarm dial, serta inrecording, maka kita tidak harus terus menerus mengawasi camera cctv kita. Semua hasil monitor akan tersimpan di dalam computer kita dan jika ada kejadian yang tidak diinginkan, kita akan dihubungi secara otomatis pada saat kejadian itu juga.
   Image and video hosting by TinyPic
CCTV Online (Live Streaming)


MANFAAT PENGGUNAAN CCTV ONLINE :
  • Untuk mengawasi Sub Plant ataupun kantor cabang dari kantor pusat atau Head Office.
  • Memonitor kondisi jalan atau lalu lintas kendaraan apabila terjadi kecelakaan dapat cepat melakukan pertolongan, mencarikan jalan alternatif bila macet, banjir, jalan rusak dan pembangunan jalan serta dapat sebagai bukti untuk kasus perampokan, penculikan, pencurian dan pelanggaran di jalan raya.
  • Bagi para pemilik toko, CCTV bisa digunakan untuk memantau toko anda selama 24 jam penuh  dari ancaman perampokan dan pencurian sehingga bisa meminimalkan resiko kerugian akibat kehilangan barang/poduk dan bisa memaksimalkan profit toko anda.
  • Sobat tidak perlu khawatir akan usahanya  jika sobat tinggalkan untuk berlibur bersama keluarga tercinta, dan sobat tetap bisa memantau bisnis sobat selama bepergian dan tak perlu lagi mengorbankan waktu bersama keluarga tercinta.
  • Sobat bisa mengawasi atau melakukan monitoring rumah beserta isinya dan keluarga tercinta seperti suami/ istri/anak-anak/orang tua/ baby sitter atau bahkan hewan peliharaan kita dari tempat kita bekerja. Anda dapat tenang menjalankan bisnis atau bekerja, karena kita bisa mengawasi mereka setiap saat dan sesuka hati kita.
  • Dapat dijadikan bukti otentik jika terjadi peristiwa yang tidak dikehendaki seperti pencurian, perampokan, penipuan dll.
  • Dapat memaksimalkan kinerja karyawan anda. Tentunya mereka tidak akan main-main atau memanfaatkan fasilitas kantor untuk kepentingan mereka apalagi berbuat kecurangan (kecuali jika mereka sudah bosan bekerja tentunya) ketika melakukan aktifitas pekerjaannya. Dijamin, kinerja perusahaan sobat akan mengalami peningkatan secara signifikan.
  • Untuk melindungi ataupun memproteksi asset berharga sobat, karena CCTV bisa sobat fungsikan sebagai alarm yang sangat canggih, sehingga bisa memberi rasa aman dan nyaman yang makin hari makin sulit kita dapatkan. 

CARA PERAWATAN CCTV ONLINE :
  • Untuk camera tidak diperlukan perawatan yang rumit, sobat hanya perlu untuk membersihkan lensa camera minimal 1 bulan sekali dan memeriksa koneksi/jaringan serta instalasi pada camera.
  • Seperti halnya camera, DVR juga tidak terlalu runmit dalam perawatannya, sobat cukup minimal 1 bulan sekali mengawasi system kerjanya dan memindahkan hasil rekaman yang perlu disimpan pada system CCTV. Agar kinerja system CCTV (DVR) tidak terganggu, sobat diharapkan untuk tidak mengoperasikan program lain dalam satu DVR (untuk PC BASE misalkan internet atau program lainnya). 

Aku masih belum bisa memutuskan jenis camera CCTV apa yang harus kupilih dengan segala kelebihannya meskipun aku sudah mengerti secara garis besar tentang gambaran CCTV, sampai pada suatu ketika, aku kedatangan tamu, seorang teman akrabku sewaktu SMA dulu, dan aku sangat senang akan kedatangannya. Akhirnya kami ngobrol ngalor ngidul nggak karuan dan saling melepas kangen karena sudah beberapa tahun kami tidak saling mengunjungi. Pada satu kesempatan aku keceplosan ngomong masalah kecurian dirumahku dan aku juga membicarakan upaya pencegahan yang telah kulakukan termasuk kebingunganku dalam pemasangan CCTV di rumahku. Temanku hanya tersenyum, dan pada akhirnya dia juga bercerita tentang pekerjaannya sekarang, dan ternyata dia bekerja di PT Telkom sejak setahun terakhir, kemudian temanku menawarkan suatu produk dari PT Telkom Speedy dimana produk tersebut dinamakan "SPEEDY MONITORING," dengan penjelasannya sebagai berikut : 

"Speedy Monitoring seperti halnya CCTV network bukan analog yang dihubungkan dengan IP Camera yang berfungsi untuk menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu ke dalam jaringan Speedy yang istilahnya adalah CCTV online by Speedy sehingga kita dapat mengakses hasil Online Monitoring dari kamera kita melalui web browser dan pengaturan masing-masing IP Camera juga dapat dilakukan melalui web browser itu juga.
Speedy Monitoring juga menyediakan media penyimpanan yang ditangani secara terpusat oleh speedy, sehingga kita hanya perlu untuk menyediakan IP Cameranya saja  dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server.
Lebih spesifik lagi bahwa layanan Speedy Monitoring merupakan layanan diatas internet paket Speedy Unlimited yaitu kita bisa menikmati fitur menarik Speedy Monitoring dengan berlangganan paket Speedy mulai dari kecepatan 384Kbps."

Untuk fungsi dan manfaatnya hampir sama dengan CCTV online diatas, dan untuk perawatannya kita hanya melakukannya pada IP camera kita saja karena kita tidak menggunakan DVR dimana penyimpanan data dan penyediaan server diatur oleh pusat, simple dan tidak berbelit bukan...
Beberapa keuntungan jika kita menggunakan Speedy Monitoring, antara lain :
  • Kita mendapatkan IP statis secara otomatis dari speedy monitoring untuk menikmati layanan IP Camera (tidak berlaku untuk paket Basic)
  • Kita dapat langsung melakukan pengamatan atau monitoring di area yang kita pasangi dengan IP camera
  • Layanan speedy monitoring menyediakan fasilitas penyimpanan data secara terpusat, sehingga kita tidak perlu repot lagi menyediakan DVR dan instalasi servernya dan tidak perlu lagi selalu mengecek hasil rekaman di rumah dan kita bisa akses dimanapun kita berada.
  • Dengan adanya Web Based interface, kita dapat dengan mudah mengakses dan menikmati layanan speedy monitoring dengan mudah.
  • Adanya fitur autorecord, yang membuat kita dapat merekam video dari IP Camera baik secara regular maupun otomatis dan kita juga bisa mengatur schedule untuk IP Camera sehingga bisa secara otomatis merekam video setiap 5 menit, sepanjang hari, atau regular yaitu pada waktu dan hari tertentu saja.
  • Speedy monitoring dapat berfungsi dengan berbagai macam jenis IP Camera, tetapi SM merekomendasikan untuk merk Panasonic, TP Link, A-Linking, dan D-link, untuk lebih jelas deskripsi tentang IP Camera dapat sobat klik disini.
  • Dengan adanya fitur Motion Detect, sehingga bisa mendeteksi jika ada tamu tidak diundang mau masuk ke rumah kita, atau juga bisa digunakan untuk mendeteksi keluarga kita ketika pulang ke rumah.
  •  Hasil rekaman IP Camera bisa diakses melalui HP seperti Android, Iphone, Windows Phone dan Blackberry.
  • Kita dapat menyimpan sesuka kita hasil rekaman IP Camera ke PC kita, dengan mendownloadnya dari Archive.
  • Support dan service yang sangat memuaskan dari SM seperti melalui demo, email, online support. Kita juga bisa berinteraksi langsung jika mengalami kesulitan melalui online support ataupun halaman tanya jawab (FAQ).  

Bagaimana Cara Kerja Speedy Monitoring ? It's very simple seperti yang kita lihat dibawah ini :
Image and video hosting by TinyPic

Cara kerja Speedy Monitoring :

1. Registrasi

Melakukan registrasi atau pendaftaran ke Speedy Monitoring, setelah kita mendapatkan notifikasi melalui email sesuai alamat email yang disampaikan saat registrasi, langkah berikutnya adalah dengan melakukan aktivasi. 

2. Setting Modem

Melakukan setting Modem, sehingga modem dapat diakses dari jaringan internet. Cara setting modem selengkapnya dapat dilihat di --- setting port fordwarding / NAT pada modem

3. Install IP Camera

 Setelah sukses melakukan registrasi dan setting modem, langkah berikutnya adalah melakukan instalasi IP Camera pada jaringan Speedy. (Tidak diperlukan instalasi server atau DVR/NVR di sisi pelanggan), untuk panduan instalasinya dapat dilihat disini --- panduan instalasi IP Camera.

4. Akses dari Browser

Setelah terinstalasi IP Camera ke jaringan speedy, maka kita bisa langsung mengakses monitoring.telkomspeedy.com melalui browser dan  menambahkan IP Camera kita ke layanan Speedy Monitoring. Untuk Panduan penambahannya dapat dilihat disini ---- panduan menambahkan IP Camera pada Layanan Speedy Monitoring.

5. Do more

Setelah keempat langkah diatas kita lakukan dengan sukses, selanjutnya kita dapat memanfaatkan segala fitur yang tersedia, baik share kamera, mengatur schedule kamera, share kamera, dan lainnya. 
Mudah bukan ...! Tapi berapa harga yang harus saya bayar untuk semuanya itu ? Tenang tidak mahal kok, sobat bisa lihat harga paket speedy monitoring berikut ini :

Image and video hosting by TinyPic
Keterangan :
** Selama 3 bulan pertama
*** Pengukuran rata-rata dengan menggunakan fungsi motion detection (modect) dan tergantung pada resolusi, frekuensi pergerakan obyek dan bandwidth saluran.Pengukuran berlaku akumulasi seluruh kamera.
SILVER*  Minimum Speedy 512kbps (apabila kedua kamera dipasang pada satu line Speedy).
GOLD* minimum Speedy 1Mbps (apabila keempat kamera dipasang pada satu line Speedy yang sama)

Cukup Mudah dan Murah bukan dibanding dengan manfaat yang kita dapatkan jika berlangganan paket Speedy monitoring, kita cukup mengklik register untuk paket mana yang mau kita ambil, tentunya disesuaikan dengan budget n doku masing-masing tho hihihihii...
Yang paling menarik adalah adanya promo akhir tahun 2012 yang berakhir sampai tanggal 31 Desember, hanya dengan  mengeluarkan Rp. 1.088.000,- kita mendapatkan IP kamera Plug View (Edimax) + FREE 1 tahun Speedy Monitoring + FREE Biaya Pengiriman.
Image and video hosting by TinyPic
HARGA PROMO :
  1. IP Camera Edimax IC-3030iWn (fitur : Wireless, Infrared ) Rp 1.088.000,-
  2. IP Camera Edimax IC-7010PTn (fitur : Wireless, Infrared & Rotation)  Rp 2.088.000,-
PILIHAN PAKET GRATISnya :
  1. Pembelian 1 unit IC-3030iWn atau 1 unit IC-7010PTn, mendapat FREE 1 (satu) paket BRONZE.
  2. Pembelian 2 unit kamera EDIMAX (tipe: IC-3030iWn, IC-7010PTn), mendapat FREE 2 (dua) paket BRONZE atau FREE 1 (satu) paket SILVER.
  3. Pembelian > 2 unit kamera EDIMAX (IC-3030iWn atau IC-7010PTn), mendapat FREE 1 (satu) paket GOLD atau FREE 2 (dua) paket SILVER

Wow benar-benar promo yang sangat menarik dan fantastis, terima kasih banyak sobat .. sobat datang disaat dan moment yang sangat tepat sekali, di saat saya sangat membutuhkan CCTV online  yang dapat memonitor rumahku selama 24 jam full time dan bisa mengakses kondisi rumah dimanapun saya berada sehingga memberiku rasa aman dan nyaman selagi tidak berada di rumah, aku juga ada rencana memasang speedy monitoring di tempat usahaku juga untuk menjaga aset-asetku serta memonitor kinerja para karyawanku. Akhirnya aku meminta bantuan temanku untuk mengurus semuanya itu.. dan jreng ... alhamdulillah .. sekarang aku sudah bisa menikmati layanan speedy monitoring. Speedy Monitoring membuatku aman dan usahaku menjadi lancar dan yang terpenting "Kuakhiri CleptoPhobia dengan Speedy Monitoring" .. Terima kasih Speedy Monitoring...mmuuaaahhhhh...

Dipersembahkan Oleh : Budi Siswanto ~ Guyonane Wong Ndablek

Kentir01 Sobat sedang membaca artikel tentang KUAKHIRI CLEPTOPHOBIA DENGAN SPEEDY MONITORING dan sobat bisa menemukan artikel KUAKHIRI CLEPTOPHOBIA DENGAN SPEEDY MONITORING ini dengan url http://guyonsmart.blogspot.com/2012/12/kuakhiri-climacophobia-dengan-speedy.html, Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel KUAKHIRI CLEPTOPHOBIA DENGAN SPEEDY MONITORING ini sangat bermanfaat bagi sobat semua, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

30 komentar:

  1. Speedy mang topnya akses internetnya apalagi speedy monitoringnya..mantap Gan...kunjung balik ya Gan..

    BalasHapus
  2. Resume yang bagus Gan...salam kenal... feedback ke blog ane ya Gan...thanks..

    BalasHapus
  3. @GoBlog : terima kasih kunjungannya sob, iya sob memang speedy monitoringnya mantap banget....thanks...pasti nanti berkunjung sob..

    BalasHapus
  4. @Arizal : thanks komennya...oke nanti pasti mampir.. lam kenal n sukses selalu yaa...

    BalasHapus
  5. climachopobia.... baru denger istilahnya.... thanks for share. semoga sukses :)

    BalasHapus
  6. Thanks kunjungannya sob...sob juga ya.. lam kenal n sukses selalu...

    BalasHapus
  7. Speedy memang jagonya sob...klo mau tarif murah n cepet di speedy aja sob...kunjung balik ya sob...suwun..

    BalasHapus
  8. Salam kenal Gan, klo ada masalah tentang speedy bisa mampir ke blog ane Gan... salam kenal Gan..

    BalasHapus
  9. Usaha yang bagus Gan... moga bisa menang lombanya...good article n lengkap banget... lam kenal n sukses selalu...jgn lupa mampir ke blog gue ya...

    BalasHapus
  10. Mantap postingannya Gan... jgnlupa kunjung balik yaa... thanks..

    BalasHapus
  11. @Speedy Murah : oke bro speedy mang jagonya... skrg juga anti lemot hehehe... pasti kunjung balik bro..

    BalasHapus
  12. @Jasa Pemasangan Speedy : Lam kenal juga bro... sipslah bro.. thanks..pasti mampir nanti...thanks kunjungannya..

    BalasHapus
  13. @Dunia Usaha : thanks dukungannya sob...makasih juga dah mau mampir ke blog jelek ini....pasti nanti mampir ke blog sob juga.... lam kenal yaa..

    BalasHapus
  14. Rphone : makasih bro....ya nanti kunjung balik ... lam kenal ya bro.. good luck...

    BalasHapus
  15. Bagi yang mau memasang speedy di warnet, nih aku ada tipsnya.. kunjungi blogku yaa... postingan yang bagus.. moga bisa menang kontesnya Gan....

    BalasHapus
  16. Thanks kunjungannya bro.. insyalloh nanti mampir...

    BalasHapus
  17. bagus potingannya Gan, jika ada masalah dengan speedy bisa mampir ke blog ane... ditunggu feedbacknya Gan...

    BalasHapus
  18. Kudo'akan menang lombanya Gan... jgn lupa mampir ya Gan...

    BalasHapus
  19. Mantap Gan artikelnya... detil banget... moga menang ya Gan...jangan lupa traktirannya lho hehehe.... n jangan lupa mampir ke blog saya... terima kasih..

    BalasHapus
  20. @Speedy T. : thanks kunjungannya bro..pasti nanti mampir bro...thanks infonya...

    BalasHapus
  21. @Furzy : thanks kunjungan dan do'anya sob.. pasti mampir sob...

    BalasHapus
  22. @Fatih : hehehe.. maksih sob... pasti nanti ditraktir klo menang... pasti mampir nanti sob...

    BalasHapus
  23. Nice Info cocok buat saya

    BalasHapus
  24. Wah mantap mas bro...klo butuh info speedy..silahkan mampir ke blog saya... good luck..

    BalasHapus
  25. Pokoknya kalo make speedy top markotop deh.. dijamin mantap...

    BalasHapus
  26. @Michael : terimakasih kunjungannya mas bro...insyalloh mampir mas bro...

    BalasHapus
  27. @Dykti : yup mas bro... speedy mang topnya... tiada yang lain hehehehe

    BalasHapus
  28. Mantap Gan... detil banget ... moga menang deh...jgn lupa mampir ke blog aye...thanks..

    BalasHapus
  29. Thanks atas kunjungan dan do'anya... iya nanti pasti mampir sob...

    BalasHapus

Harap komentar tidak mengandung pornografi, atau kata-kata yang bersifat melecehkan, menghina, dan menyudutkan partai tertentu... eh salah...hehehe..Berikan komentar terbaikmu supaya anda bisa langsung masuk surga... oke coi... wkwkwkwwk

FOLLOW ME







BANNER KONTES

Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013

 
Support : BING | Google
Copyright © 2013. GUYONANE WONG NDABLEK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger