Home » » SUDAHKAH ANDA MEMAKAI BATIK ?

SUDAHKAH ANDA MEMAKAI BATIK ?

Written By Budi Siswanto on Kamis, 31 Januari 2013 | Kamis, Januari 31, 2013

Sudahkah anda memakai Batik ? Sudahkah anda mengenal batik ? Tahukah batik itu apa ? Apakah anda mencintai Batik ? Tahukah anda bahwa Batik merupakan budaya Indonesia yang harus dilestarikan ? Sudahkah anda menjiwai batik dalam diri anda ? Apa makna batik bagi anda ? Apa sikap anda jika batik diakui oleh negara lain sebagai budayanya ? Apa yang sudah anda lakukan terhadap Batik Indonesia ? dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang harus kita jawab sebagai warga negara yang baik yang senantiasa selalu menjaga dan melestarikan budaya kita khususnya batik.
Image and video hosting by TinyPic
MENGAPA KITA HARUS MEMAKAI BATIK ?
Sebagai warga negara yang baik seyogyanya kita harus bisa menjaga dan melestarikan budaya kita yang penuh dengan history dan makna terpendam yang tersajikan dalam bentuk benda maupun non benda yang merupakan warisan dari nenek moyang kita yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Negara yang kuat adalah negara yang berbudaya dan mampu menjaga serta melestarikan budayanya sampai ke generasi berikutnya. Salah satu budaya bangsa yang sangat terkenal dan begitu fenomenal dan diakui oleh dunia adalah Batik. Kita patut berbangga warga negara Indonesia bahwa Batik Indonesia telah ditetapkan oleh PBB lewat salah satu badannya yaitu UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009 sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dalam kategori non benda. Tapi apakah cukup kita hanya berpuas diri dengan pengakuan dunia internasional terhadap batik Indonesia tanpa mau kita memakai batik di negeri sendiri dan memperkenalkan budaya batik ke generasi muda kita akan arti pentingnya menjaga budaya batik. Kita sudah beberapa kali kecolongan oleh negara lain terhadap budaya asli kita, salah satunya budaya Batik. Begitu hebatnya batik sampai negara lain begitu terpesona dan ingin mengakuinya sebagai budaya leluhurnya, sedangkan kita pemilik syah budaya batik seperti ogah-ogahan dalam memakai batik dan kita mempunyai kecenderungan lebih senang memakai pakaian impor yang justru telah mendagradasi integritas budaya kita khususnya Batik. Gempuran pakaian murah dan menarik apalagi ada yang menyerupai batik dari bangsa lain ke Indonesia merupakan tantangan tersendiri bagi kita untuk tetap tidak terpengaruh dan tergoda untuk berpindah haluan, dan sebagai produsen batik Indonesia harus lebih pandai dalam mencari celah dan menginovasi batik Indonesia lebih fashionable dan mempunyai daya saing dengan produk asing.

Ada beberapa hal yang harus segera kita mengerti dan lakukan mengapa kita harus memakai batik :
  • Batik kental dengan kultur Indonesia yang mempunyai history yang panjangmulai dari jaman Mojopahit sampai menyebar ke kerajaan Mataram, Solo dan Yogyakarta dimana batik pada awal mulanya hanya menjadi konsumsi pejabat kraton/kerajaan sampai akhirnya digemari oleh khalayak luas sehingga sekarang kita harus bisa menjaga dan melestarikannya sebagai budaya nasional.
  • Batik dibuat dengan rasa dan karsa yang berkharakter dan penuh perjuangan serta ketekunan tinggi mulai dari bahan baku yaitu kain mori yang dipotong sesuai kebutuhan dan menghilangkan kanji dari kain mori dengan cara membasahi kain mori dengan larutan tertentu (minyak kacang, soda abu, tipol dan air) lalu kain diuleni hingga rata dan dijemur kembali dan ini dilakukan secara berulang kali sampai kira-kira 3 minggu lamnya agar nantinya zat warna bisa meresap ke kain dengan sempurna, setelah itu membuat desain batik yang disebut molani, kemudian melukis dengan malam (lilin) dengan menggunakan alat canting, setelah itu menutupi bagian-bagian yang tetap berwarna putih (tidak berwarna) dengan malam dan dilanjutkan ke proses pewarnaan pertama dengan mencelupkan kain ke warna tertentu setelah itu kain dijemur dan dikeringkan, setelah kering dilakukan proses pembatikan kembali untuk melukis bagian lain yang tetap dibiarkan dengan warna putih sebelumnya, kemudian dilakukan pewarnaan kedua, dan proses selanjutnya dilakukan berulang sesuai dengan motif dan kompleksitas warna yang diinginkan. Pada proses tahap akhir dilakukan nglorod yaitu merebus kain yang sudah berubah warna dengan tujuan untuk melepaskan lilin dan membuat warna dan motif terlihat lebih jelas setelah itu dilakukan pencucian kain batik sampai bersih dan dikeringkan dengan menjemurnya sebelum dipakai.  Tentunya proses yang sangat panjang dan melelahkan dan dibutuhkan ketekunan yang luar biasa untuk menghasilkan batik yang baik. Penghargaan yang pantas untuk itu semua hanyalah dengan memakainya dengan rasa dan kebanggaan yang tinggi terhadap batik Indonesia.
  • Batik sebagai identitas bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh dunia internasional, patutlah kita sebagai warga negara yang baik bisa menjaganya dengan memakainya dengan penuh cinta dan dilambari dengan kebanggaan atas batik Indonesia sebagai budaya nasional yang harus kita lestarikan.

Setelah mengetahui dasar mengapa kita harus berbatik, seyogyanya kita juga harus berkomitmen apa yang sebaiknya kita lakukan dengan batik Indonesia :
  1. Memakai batik dengan penuh kesadaran, kecintaan, kebanggaan dan kemauan yang kuat untuk selalu bisa memakainya dalam setap kesempatan.
  2. Menjadikan batik sebagai bagian dari diri kita dengan semangat perjuangannya, ketekunannya dan segala hal yang kita lakukan yang semuanya dijiwai oleh batik karena batik merupakan fighting spirit yang takkan pernah lekang oleh waktu dan sumber dari segala inspirasi hidup kita..
  3. Ikut serta dalam memasyarakatkan batik Indonesia khususnya kepada generasi muda yang punya kecenderungan malu memakai batik dan lebih suka terhadap pakaian import.
  4. Merubah paradigma dan mindset bahwa batik merupakan budaya kuno yang ketinggalan jaman dan tidak sesuai jika diterapkan pada jaman sekarang yang serba modis dan modern.
  5. Menjadikan batik lebih fashionable dengan melakukan banyak inovasi dan memadukan batik dengan mode sekarang tetapi tidak mengurangi kadar kebatikan dalam apresiasi mode yang ditampilkan, agar pendekatan kepada genarasi muda terhadap batik yang lebih fashionable lebih mudah untuk diterima.
  6. Membangun semangat persatuan dan kesatuan lewat batik dengan wajib memakai baju batik pada hari Kamis dan Jum'at sesuai anjuran pemerintah dan kesadaran kita bersama akan arti pentingnya semangat persatuan dalam proses pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia kedepannya dan dengan batik bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mewujudkan itu.
  7. Membantu mempromosikan batik baik secara lokal maupun ke dunia internasional lewat berbagai cara offline seperti : penyelenggaraan pameran batik baik lokal maupun internasional, tukar budaya dengan bangsa lain, selalu memakai atribut batik dalam setiap acara apapun utamanya di dunia internasional, aktif menjadi peserta lomba fashion ataupun model dengan mengusung batik sebagai temanya, sering menyelenggarakan lomba busana di dalam negeri khususnya dengan tema batik dan juga menyebarkan lewat media surat kabar, tabloid, radio, televisi serta promosi secara online via internet seperti salah satunya menyelenggarakan lomba blog seperti sekarang ataupun lomba menulis artikel tentang batik.
  8. Menjadikan batik sebagai peluang usaha yang menggiurkan dengan aktif membuka usaha seperti butik batik, toko batik, dan yang paling mudah dan ngetrend sekarang adalah dengan membuka usaha batik online by ecommerce dengan batik online sehingga memudahkan konsumen dalam belanja batik tanpa harus ke butik batik maupun ke toko batik dan bisa dilakukan dimana saja asalkan tersambung dengan internet, sehingga batik tidak akan pernah mati di bumi Indonesia ini bahkan suatu saat nanti bisa menjadi trend dunia baik secara fashion maupun budayanya.

ECOMMERCE BATIK INDONESIA
Dunia online makin hari semakin marak saja dan pengguna internet di seluruh di indonesia selalu bertambah tiap detiknya dan di Indonesia sendiri merupakan salah satu negara di Asia yang mempunyai pengguna Internet salah satu yang terbesar. Makin banyaknya situs jejaring sosial menambah cepat pengguna internet di seluruh dunia. Fungsi internet juga makin bertambah banyak dan salah satunya dengan menjadikan internet sebagai lahan bisnis dengan mendirikan toko online atau yang lebih dikenal dengan ecommerce. Ecommerce yang terkenal seperti Amazon, Ebay dll telah membuka mata dunia bahwa internet mempunyai kemampuan yang dasyat dalam fungsinya sebagai ecommerce. Bagaimana tidak kita sudah tidak repot lagi untuk mempunyai tanah untuk mendirikan tempat usaha, pasar kita yang mendunia berbeda dengan jika kita mendirikan sebuah toko, dimana pasar kita sangat terbatas hanya untuk daerah disekitarnya saja. Pangsa pasar yang besar jelas menarik pengguna internet untuk dapat membuat toko online dan salah satunya adalah Toko Batik Online dengan platform ecommercenya yaitu "BERBATIK." Berbatik yang bisa kita sebut butik online atau toko batik online merupakan salah satu terobosan yang baik dalam memasarkan batik Indonesia secara lebih cepat dan lebih mudah dengan tetap mengedepankan etika berbisnis yang dilandasi kejujuran dan itikad baik dalam berusaha. Berbatik sebagai salah satu industri batik di Indonesia sangat kreatif dalam menghubungkan kebutuhan pengrajin batik lokal dengan permintaan dari para pembeli potensial dan merupakan angin segar kepada para pengrajin batik untuk memasarkan batiknya secara online dan bagi para pembeli potensial sangat dimudahkan dalam proses pembeliannya. Lebih jauh tujuan dari berbatik dengan ecommercenya agar batik bisa dikenal di dunia Internasional lewat ecoommercenya seperti halnya toko baju online terkenal lainnya di dunia. Produk yang ditampilkan berbatik merupakan produk yang berkualitas tinggi dan asli terbuat dari anak bangsa dengan kesenian membatiknya sehingga membuat kepercayaan pembeli makin meningkat dan pembeli merasa aman, nyaman dan senang berbelanja di berbatik. Service cepat dan profesional menghiasi setiap lembar transaksi yang terjadi sehingga pembeli tanpa rasa takut lagi untuk melakukan transaksi kembali. Etos kerja yang diusung dengan semangat membatik menjadikan berbatik sesuatu yang sangat spesial dimana nuansa batik melambari setiap detak dan denyut aktifitas berbatik dalam kesehariannya.. Disamping pembeli bisa merasakan kenyaman dan keamanan dalam bertransaksi, pembeli juga disuguhkan pengetahuan tentang batik secara lebih mendalam sehingga nuansa batik terbawa sampai pada nurani pembeli sehingga tercipta interaksi yang indah antara pengrajin, pengelola, pelanggan, desainer, kolektor, kurator di dalam berbatik sehingga sintesa positif yang terjadi membawa harapan baru makin berkembangnya batik di seantero publik dengan publisitas yang sangat elegan. perkembangan teknologi membawai angin perubahan pada pasar batik di Indonesia yang lambat laun akan menjadi trensetter dimulainya abad baru yang lebih berbatik.
 
Image and video hosting by TinyPicBerbatik telah membawa perubahan paradigma bahwa batik hanya ada di daerah tertentu dan kita harus bersusah payah untuk membeli batik yang berkualitas. Dengan besutan teknologi internet, berbatik merambah pasar yang luas dan besar bahkan bisa diakses di dunia internasional. Tapi harusnya jerih payah berbatik harus kita apresiasi tinggi dengan kesadaran tinggi untuk selalu berbatik ria dan menjiwai batik secara menyeleluruh dari berbagai aspek kehidupan. Seperti halnya yang patut kita contoh adalah salah satu peserta Master Chef pertama yaitu Agus Batik, dimana Agus membawakan citra masakannnya dan perilaku yang serba batik dan sangat menjiwai batik di dalam dirinya sampai akhirnya dia mendapat Juara 2 dalam lomba tersebut. Agus berani membawakan batik dalam setiap actionnya dan memperlihatkan ketekunan dan perjuangan batiknya yang sangat apresiatif sehingga pemirsa sangat menyukai dengan apa yang telah dilakukan. Batik sebagai cermin hidup Agus membawaku bersama keluarga mulai melirik batik sebagai alternatif dalam berbusana. Kecintaan saya terhadap batik benar-benar terinspirasi dari Agus Batik dalam mengedepankan batik sebagai citra diri, membangun semangat hidup lewat batik, ketekunan yang aku dapat dari inspirasi pembuatan batik membawa keluargaku mengalihkan citra berbusana kami ke batik. Rasanya memakai batik adalah memakai sesuatu yang ada pada diri saya dan klop dengan identitas kami dan tentunya kenyamanan kami dalam memakainya. Kami juga meneruskan budaya berbatik ke putri kami dan alhamdulillah putri kami sangat senang menyambut itu semua dan sekarang apa yang ditampilkannya tidak lepas dari batik. Batik telah menjiwai kami sekeluarga dan kami merasakan banyak manfaat dengan mengambil batik sebagai bagian dari diri kami. Setiap helaan nafas, detak jantung dan pergerakan kami seakan tak pernah lepas dari nuansa batik yang bagi kami menjadi pelecut semangat untuk berbuat lebih baik kedepannya. Batik sebagai sintesa positif seakan telah menguasai relung jiwa kami sehingga menimbulkan banyak paddox-paddox kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
"Kami sudah memakai dan menjiwai batik secara lebih implisit dan inheren, bagaimana dengan anda, sudahkan anda memakai batik ?"

Dipersembahkan Oleh : Budi Siswanto ~ Guyonane Wong Ndablek

Kentir01 Sobat sedang membaca artikel tentang SUDAHKAH ANDA MEMAKAI BATIK ? dan sobat bisa menemukan artikel SUDAHKAH ANDA MEMAKAI BATIK ? ini dengan url http://guyonsmart.blogspot.com/2013/01/sudahkah-anda-memakai-batik.html, Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel SUDAHKAH ANDA MEMAKAI BATIK ? ini sangat bermanfaat bagi sobat semua, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Harap komentar tidak mengandung pornografi, atau kata-kata yang bersifat melecehkan, menghina, dan menyudutkan partai tertentu... eh salah...hehehe..Berikan komentar terbaikmu supaya anda bisa langsung masuk surga... oke coi... wkwkwkwwk

FOLLOW ME







BANNER KONTES

Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013

 
Support : BING | Google
Copyright © 2013. GUYONANE WONG NDABLEK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger