Home » » DOMAIN DAN HOSTING

DOMAIN DAN HOSTING

Written By cillasmartcorp on Minggu, 06 Mei 2012 | Minggu, Mei 06, 2012

Mungkin bagi anda yang penggemar internet mungkin tidak asing lagi mendengar istilah "DOMAIN" dan "HOSTING". Seperti halnya anda mengenal dan sering mengunjungi situs-situs besar, contohnya Google.com, Yahoo.com, MSN.com, Facebook.com, Myspace.com, Wikipedia.com, Twitter.com, Linkedln.com dll. Bagi para penggemar Games sering mengunjungi Gametop.com atau Games.co.id, dan yang paling suka download lagu di stafaband.com atau download film di downloadfilem.com
Kenapa kok harus pake guyonsmart.blogspot.com, cillasmartlucky.blogspot.com, cilla.info pada situs-situs tersebut ? Yah itulah yang dinamakan DOMAIN. 

Domain adalah nama unik yang diberikan pada sebuah alamat IP agar mudah untuk mengingatnya. IP sendiri adalah alamat dalam sebuah jaringan (internet). Contoh IP: 203.152.39.19, 119.252.162.225 atau 119.252.162.226.
Bagaimana bisa kita mengingat deret nomer-nomer IP yang panjang2 tersebut. Maka dari itu Domain digunakan sebagai pengganti alamat suatu IP dan untuk mempermudah kita untuk mengingatnya. 
Coba saja akses dengan browser anda untuk IP 173.194.65.106, nantinya akan terbuka laman website Google.com. Jadi, bisa dikatakan untuk Domain Google.com tersebut beralamat IP 173.194.65.106.
Penplisan Domain terdiri dari unsur Huruf, Angka dan tanda sambung (-). Contoh : kentirsableng.info, kentir01.com, sableng.net dll.

Sedangkan Hosting adalah space/tempat menyimpan/menaruh file-file dalam suatu website. File-file tersebut disimpan dalam suatu komputer server. Bisa dianalogikan sebagai sebuah tanah dari suatu bangunan rumah atau toko.
Untuk mempermudah kita mengerti akan Domain dan Hosting, ambil suatu contoh kasus suatu bangunan rumah/toko. Rumah atau toko anda (mungkin ngontrak atau milik sendiri) pastinya mencakup tanah, bangunan dan alamat rumah atau toko. Alamat rumah/toko inilah yang dinamakan sebagai DOMAIN, Tanah anda adalah sebagai HOSTING, serta bangunan tersebut sebagai tampilan website anda.

Domain sendiri terbagi atas TOP LEVEL DOMAIN (TLD) dan SECOND LEVEL DOMAIN (SLD). TLD seperti COM, NET, GOV, INFO, ASIA, ORG, BIZ, dll (daftar lengkap http://data.iana.org/TLD/tlds-alpha-by-domain.txt). Sedangkan untuk SLD adalah nama Domain yang dipakai.
Contoh: dot INFO adalah TLD, dan kentirsableng.INFO adalah SLD


Demikian postingan tentang Domain dan Hosting, semoga bermanfaat buat teman-teman semua, jika ada kritik yang membangun silahkan tinggalkan di komentar...terima kasih banyak atas kunjungannya ..mmuuaaahhhh...

Dipersembahkan Oleh : cillasmartcorp ~ Guyonane Wong Ndablek

Kentir01 Sobat sedang membaca artikel tentang DOMAIN DAN HOSTING dan sobat bisa menemukan artikel DOMAIN DAN HOSTING ini dengan url http://guyonsmart.blogspot.com/2012/05/domain-dan-hosting.html, Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel DOMAIN DAN HOSTING ini sangat bermanfaat bagi sobat semua, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

1 komentar:

Harap komentar tidak mengandung pornografi, atau kata-kata yang bersifat melecehkan, menghina, dan menyudutkan partai tertentu... eh salah...hehehe..Berikan komentar terbaikmu supaya anda bisa langsung masuk surga... oke coi... wkwkwkwwk

 
Support : BING | Google
Copyright © 2013. GUYONANE WONG NDABLEK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger