Home » » SINGKATAN ..!!

SINGKATAN ..!!

Written By Budi Siswanto on Rabu, 04 April 2012 | Rabu, April 04, 2012


Singkatan kata adalah memperpendek kata yang terlalu panjang. Singkatan seringkali digunakan untuk mempermudah kita dalam menghafal kata-kata yang panjang atau mempercantik kata-kata yang kelewat panjang hehehe...(cewek kali canti hehehe).

Selain lembaga pemerintahan yang sering menggunakan singkata, sekarang lembaga daerahpun juga pandai dalam hal singkat menyingkat kata.., sebagian contohnya adalah sbb :

Solo Berseri, Jogja Berhati Nyaman, Temanggung Bersenyum, Cilacap Bercahaya,
semuanya adalah singkatan. Juga untuk menyebut suatu kawasan, yang katanya akan
menjadi suatu kawasan yang unggul dan berkembang.

Kita mulai dari Jabotabek, eh sekarang Jabodetabek.

Muncul pula
Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya , Sidoarjo, Lamongan), Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen), Pawonsari Bakulrejo (Pacitan Wonogiri Wonosari, Bantul, Kulon Progo, Purworejo), atau Joglosemar (Jogja Solo Semarang).

Beruntung tidak ada yang membalik urutannya menjadi Semarang Solo Yogya, disingkat menjadi
Semar Loyo. Mungkin di masa mendatang akan muncul juga Dibalang Sendal (Purwodadi, Batang, Pemalang, Semarang , Kendal),
atau Kasur Bosok (Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Solo, Klaten). Asal jangan Susu Mbokde (Surakarta , Sukoharjo, Mboyolali, Kartasura, Delanggu) atau Tanteku Montok (Panjatan, Tegalan, Kulwaru, Temon, Toyan, Kokap)

Anak-anak muda Yogyakarta juga tidak kalah kreatifnya untuk ikut-ikutan menyingkat nama tempat.
Sebut saja Amplas untuk Ambarukmo Plaza , atau Jakal (Jalan Kaliurang), Jamal (Jalan Magelang). Kalau sampeyan sekolah di SMA 6, bisa nyombong kalau sampeyan sekolah di Depazter alias Depan Pasar Terban.

Bahkan, dari pusat kota Yogyakarta, sangat mudah untuk mencapai
Paris(Parangtritis),

atau
Pakistan (Pasar Kidul Stasiun alias Sarkem), bahkan Banglades (Bangjo Lapangan Denggung Sleman).

Jika sobat adalah orang yang ringan tangan, suka membantu, n tidak pernah menolak untuk dimintai tolong ? Berarti sobat layak menyandang nama
Willem Ortano, alias Dijawil Gelem Ora Tau Nolak. Atau kalau sampeyan pinter omong, jualan obat, meyakinkan orang dengan omongan sampeyan yang nggak karuan bener salahnya, maka jangan marah kalau sampeyan dipanggil sebagai
Toni Boster, alias Waton Muni Ndobose Banter.

Yah itulah beberapa singkatan yang dilakukan di daerah-daerah utamanya di Jawa.. Bagaimana dengan singkatan anda..??
  

Dipersembahkan Oleh : Budi Siswanto ~ Guyonane Wong Ndablek

Kentir01 Sobat sedang membaca artikel tentang SINGKATAN ..!! dan sobat bisa menemukan artikel SINGKATAN ..!! ini dengan url http://guyonsmart.blogspot.com/2012/04/singkatan.html, Sobat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel SINGKATAN ..!! ini sangat bermanfaat bagi sobat semua, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Harap komentar tidak mengandung pornografi, atau kata-kata yang bersifat melecehkan, menghina, dan menyudutkan partai tertentu... eh salah...hehehe..Berikan komentar terbaikmu supaya anda bisa langsung masuk surga... oke coi... wkwkwkwwk

FOLLOW ME







BANNER KONTES

Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013

 
Support : BING | Google
Copyright © 2013. GUYONANE WONG NDABLEK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger